Ubah Hidup Menjadi Produktif: Berikut Tips Mengatasi Rasa Malas dan Sifat Menunda yang Perlu Kamu Ketahui!

 

Kuliah Daring Bikin Malas dan Sering Menunda? Yuk, Simak 5 Tips di Bawah Ini!   

    Pandemi yang melanda hampir seluruh negara yang ada di dunia ini mengharuskan kita beradaptasi dengan segala hal, terkhusus saat bersekolah dan kuliah yang dilaksanakan secara online. Tentunya, dalam proses adaptasi tersebut tak mudah dijalankan oleh banyak orang. 

    Berdiam diri di rumah dan melakukan segala kegiatan yang biasanya dilaksanakan secara langsung menjadi online, tentu membuat kita memiliki banyak waktu senggang yang pada akhirnya membuat kita malas dan menunda pekerjaan yang seharusnya bisa langsung diselesaikan. Apakah kamu termasuk di dalamnya? 5 tips di bawah ini bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa malas dan kebiasaan menunda tersebut.

1.   Langsung Mengerjakan Tugas saat Diberikan

    Biasanya, The Procrastinator atau Sang Penunda memiliki motto “Saya akan berhenti menunda, suatu saat nanti.” Hilangkan motto tersebut dalam diri Anda. Kebiasaan menunda tersebut mengakibatkan timbulnya rasa malas. Saat pandemi seperti saat ini, tak sedikit dosen yang mengalihkan pertemuan via daring dengan memberikan tugas. Maka dari itu, sebaiknya, Anda langsung mengerjakan tugas yang Anda prioritaskan tanpa banyak alasan agar tugas Anda tidak menumpuk. Paksa diri Anda untuk melawan rasa menunda dalam mengerjakan tugas. Sekali, dua kali, tiga kali, jika terus dipaksakan maka akan membentuk suatu kebiasaan baru di mana adanya rasa tidak nyaman jika menunda suatu pekerjaan.

 

2.   Membuat Daily Reminder atau Target Harian

    Menurut penelitian, seseorang yang memiliki kegiatan yang terorganisir akan mempunyai kedisiplinan dan juga produktivitas yang tinggi. Sehingga, sangat penting untuk Anda memiliki daily reminder guna mengorganisir tugas yang Anda miliki dan mengurutkannya secara prioritas. Jika tugas sudah diorganisir dengan baik, yang tadinya Anda merasa tugas sangat banyak akan terasa sedikit karena telah dirinci dan dikerjakan sedikit demi sedikit.

 

3.   Jauhkan Segala Distraksi saat Mengerjakan Tugas

    Fokus saat mengerjakan tugas sangat penting untuk mempercepat penyelesaian tugas tersebut. Jauhkan segala distraksi yang dapat menghambat Anda dalam proses penyelesaian tugas. Misalnya, jauhkan smartphone dari jangkauan Anda atau aktifkan mode Do Not Disturb pada smartphone Anda. Cari juga tempat dan posisi yang nyaman dan tidak membuat Anda jenuh selama Anda mengerjakan tugas.

 

4.    Ubah Mindset dan Enjoy Menjalani Perkuliahan

    Berpikirlah bahwa kuliah yang dilaksanakan secara daring ini sama saja dengan kuliah tatap muka pada umumnya. Setelah itu, nikmati setiap proses perkuliahan yang dijalani sehingga akan terbiasa dengan sendirinya menjadi manusia efektif tanpa menunda bahkan malas mengerjakan tugas. Selalu berpikir positif merupakan hal penting yang harus dilakukan saat ini, karena dengan berpikir positif kita bisa melihat hal indah atau manfaat dibalik kejadian yang kita alami saat ini.

 

5.   Memberi Reward untuk Diri Sendiri

    Rasa malas dan kebiasaan menunda hanya dapat dihilangkan oleh diri kita sendiri. Self reward sebagai apresiasi atas tercapainya target yang Anda buat pada hari, pekan, atau bulan itu adalah suatu hadiah yang dapat memotivasi Anda sendiri. Reward tersebut bisa berbentuk makanan, barang ataupun kesenangan yang lainnya seperti menonton drama, tidur, olahraga, dsb.


kuliah secara daring ini tentu jangan dianggap seperti libur, lakukanlah seperti kuliah tatap muka pada umumnya. Dari kelima tips di atas semoga dapat membantu Anda menjalankan perkuliahan tanpa rasa malas dan kebiasaan menunda ya. Tetap semangat dan rutin berolahraga agar tubuh selalu sehat di era pandemi saat ini supaya perkuliahan dapat berjalan secara maksimal!

Terima kasih! J

Comments